Menu
082321008006

Property Marketing Agent and Consultant

Kalau Tidak Ingin Kena Kredit Macet, Jangan Lakukan Ini!

Thursday, October 12th 2017.

Sejatinya tidak ada seorang pun yang berharap mengalami kredit macet. Meski akhirnya siapa yang tahu, kondisi ekonomi yang turun di kemudian hari menyebabkan tragedi itu datang juga.

Jika seseorang sudah tersandung kredit macet, maka reputasinya akan tercoreng dalam catatan Bank Indonesia, termasuk akan disulitkan kala ingin mengajukan pinjaman melalui lembaga perbankan.

1. Jangan mengajukan kartu kredit (lagi)

Jika Anda baru saja mengajukan kredit perumahan (kurang dari dua tahun), maka skor kredit Anda masih tercatat positif. Meski demikian, jangan coba-coba menambah pinjaman dengan mengajukan kartu kredit.

Sebab memiliki kartu kredit akan memicu pemiliknya untuk berbelanja barang-barang di luar daya belinya. Semakin bertambah jumlah tagihan angsuran per bulan, maka akan semakin besar pula resiko kredit macet yang menghantui Anda.

2. Bayar tagihan tepat waktu dengan jumlah maksimal

Salah satu kebiasaan yang memicu kredit macet adalah telat membayar tagihan bulanan. Tidak hanya untuk angsuran kredit KPR, namun berlaku juga untuk tagihan listrik, telepon pasca bayar dan lain sebagainya.

Biasakan untuk membayar semua tagihan bulanan tepat waktu, dengan jumlah maksimum yang Anda mampu. Manfaatkan aplikasi pengingat yang ada di ponsel pintar untuk membantu Anda melakukan hal ini.

3. Buat target anggaran

Ubah kebiasaan lama Anda yang hanya mengeluarkan uang tanpa dibatasi. Mulai sekarang, buat bujet pengeluaran maksimal dan patuhi dengan disiplin. Kemudian lacak pengeluaran dari setiap rupiah yang keluar dari rekening Anda.

Dengan melakukan pelacakan maka Anda akan memahami pola pengeluaran dan bagaimana cara meminimalisirnya.

4. Bayar tunai

Seringkali Anda tak sadar mengeluarkan banyak uang karena membayarnya lewat kartu debit atau kartu kredit. Sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang cenderung mengeluarkan uang lebih besar sekitar 18% ketika menggunakan uang elektronik.

Jadi mulai sekarang biasakan membayar segala transaksi dengan uang tunai. Tentunya, Anda akan berpikir dua kali menggunakan uang yang sudah disimpan di dompet.

5. Buat daftar pengeluaran

Selain membuat anggaran bulanan, Anda juga harus mencatat daftar pengeluaran tetap setiap bulan (misalnya biaya angsuran kredit), dan pengeluaran tidak tetap (misalnya belanja pakaian baru).

Catat semua pengeluaran dalam sebuah daftar dan setiap ingin mengeluarkan uang, beri tanda pada poin pengeluaran yang dimaksud. Hal ini bisa menghindarkan Anda dari kecenderungan berbelanja barang tidak perlu.

Bila perencanaan keuangan Anda sudah baik, maka seharusnya kredit macet saat nyicil rumah tak perlu dipikirkan. Sudah siap mengajukan KPR ke bank?

 

Properti Terbaru

Dijual Ruko di Suniaraja, Jarang Ada

Rp. 25 M Nego
Suniaraja
Lt/Lb : 377 m2 m² / 700 m2 m²
Lihat Detail »

Dijual Tanah 45 Ha di Pulau Natuna, Kepulauan Riau

Rp. 350.000.-/m2 Nego
Pulau Natuna, Provinsi Kepuluan Riau
Lt/Lb : 45 Ha m² / - m²
Lihat Detail »

Di Sewa Apartement Parahyangan Regency 1 BR

Rp. 55 Juta Nego
Cembeluit
Lt/Lb : m² / 33m3 m²
Lihat Detail »

Disewakan Apartemen Galeri Ciumbeluit 3

Rp. 75jt/tahun
Apartement Galeri Ciumbeleuit 3
Lt/Lb : m² / 36m2 m²
Lihat Detail »

Disewakan Rumah di Kurdi, Bandung, S00025

Rp. 125 Juta
Kurdi
Lt/Lb : 280 m2 m² / 350 m2 m²
Lihat Detail »

Dijual Rumah Bagus, Sayap Srimahi

Rp. 2,8M Nego
Sayap Srimahi
Lt/Lb : 170m2 m² / 185m2 m²
Lihat Detail »