Menu
082321008006

Property Marketing Agent and Consultant

Pangsa Properti Diproyeksikan ‘Sehat’ di Q3-2017

Sunday, February 26th 2017.

liputan6.com, jakarta pemilihan kepala daerah alias pilkada dDKI Jakarta yang telah berlangsung pada 15 februari kemarin menyisakan kisah baru nan seru.

Pasalnya, dari ketiga kandidat yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, sama-sama tidak ada yang berhasil menggaet kemenangan 50%+1.

Agus-Sylvi harus cukup puas dengan perolehan suara 16,7%, Ahok-Djarot 43,2%, dan Anies-Sandi 40,1%.

Berdasarkan ketentuan Komisi Pemilihan Umum (kKPU), apabila dalam pilkada tidak ada satupun kandidat yang meraih suara minimal 50% lebih satu suara, maka pasangan calon yang meraih posisi pertama dan kedua akan diikuti lagi dalam pemungutan suara putaran kedua.

Pilkada DKI Jakarta putaran kedua akan digelar pada Rabu, 19 April 2017, dan kemudian rekapitulasi suara dilangsungkan tanggal 20 April sampai 1 Mei 2017.

Ada sejumlah pihak yang mengaku menyayangkan terjadinya pilkada putaran kedua, terutama mereka yang bergelut di bidang investasi, termasuk properti. bukan rahasia umum lagi jika situasi politik kerap menahan laju investasi, termasuk di sektor properti.

Margo Khusiono, agen properti dari Century 21, mengungkap bahwa pergerakan pasar sebenarnya sudah berangsur membaik di kuartal empat tahun lalu. akan tetapi penurunan berpotensi terjadi kembali baik pra maupun pasca pilkada berlangsung.

“di kuartal iv-2016 indikasi perbaikan pasar properti sangat jelas terlihat. hanya saja ada sejumlah kerikil-kerikil kecil seperti demonstrasi dan isu keamanan, yang ternyata berefek terhadap minat konsumen terutama kalangan investor terhadap belanja properti,” katanya saat diwawancarai rumah.com.

Menurutnya, beberapa kondisi yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli rumah baru atau apartemen baru di antaranya adalah aman, nyaman, plus situasi politik yang bagus.

“jika ketiganya itu sudah terpenuhi, saya yakin marketplace bisa meroket ke arah positif. tetapi kalau mencermati situasi sekarang, seharusnya pangsa pasar baru bisa kondusif pada juli atau awal kuartal tiga 2017,” margo menguraikan.

“sebab, isu-isu pilkada putaran kedua diperkirakan baru berakhir pada awal mei. sementara mei sudah masuk ke bulan ramadhan, lalu juni nya lebaran. ya, proyeksi saya juli baru mulai bagus mestinya,” tukasnya.

End-user Tetap Stabil

Senada dengan Margo, agen properti dari ERA, Ossy Agusta, juga mengakui adanya perlambatan penjualan dari pasar investor.

“tahun ini masih bisa dikatakan sebagai masa pemulihan properti. lalu ditambah lagi dengan musim pemilihan kepala daerah (pilkada) yang biasanya memancing sikap investor untuk cenderung wait and see karena ada rasa kekhawatiran dengan kebijakan baru yang dicetuskan gubernur mendatang,” terangnya.

Tanpa menutup-tutupi, menurut Agusta, penjualan properti sepanjang tahun 2016 lalu pun mengalami penurunan meski tidak terlampau signifikan.

“siklusnya memang terbaca begitu. satu investor seperti ‘latah’ mengekor investor lain untuk menunggu kondisi properti stabil lagi. mereka biasanya lebih cemas akan perubahan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang sering dinilai sebagai penghambat utama,” katanya.

kendati demikian, penjualan properti masih laris saja dari sisi konsumen kategori kategori end-user (membeli untuk ditempati).

Properti Terbaru

Rekomended
Dijual Rumah Bandung Timur.

Dijual Rumah Bandung Timur.

Rp. 1,75M, Nego
Jl. Rancabolang. Bandung
Lt/Lb : 127 m2 m² / 200 m2 m²
Lihat Detail »
Rekomended
Dijual Rumah di Cipageran, Cimahi

Dijual Rumah di Cipageran, Cimahi

Rp. 1,2 M Nego
Griya Asri Cahaya, Cipageran, Cimahi
Lt/Lb : 159 m2 m² / 90 m2 m²
Lihat Detail »
Terbaik
Trans Park @ Cibubur 1st SuperBlok Terbaru di Cibubur

Trans Park @ Cibubur 1st SuperBlok Terbaru di Cibubur

Sesuai Price List
Cibubur
Lt/Lb : m² / m²
Lihat Detail »

Dijual Rumah di Sauyunan Mas, Cibaduyut, Bandung

Rp. 2.2M Nego
Cibduyut, Bandung
Lt/Lb : 240m2 m² / 120m2 m²
Lihat Detail »

Di Jual Rumah di Mekar Wangi, Bandung

Rp. 3,5M
Mekar Wangi, Bandung
Lt/Lb : 220m2 m² / 270m2 m²
Lihat Detail »