Menu
082321008006

Property Marketing Agent and Consultant

Investor Asing Dongkrak Pertumbuhan Industri Properti Indonesia

Friday, February 3rd 2017.

Investor Asing Dongkrak Pertumbuhan Industri Properti Indonesia

Meningkatnya aktivitas pasar properti pada triwulan kedua tahun 2016 ini diketahui karena pengaruh dan peran serta dari para investor asing yang berminat masuk ke pasar Indonesia. Sejumlah negara besar seperti Hongkong, Singapura, Jepang dan Korea dikabarkan menaruh minat terhadap sektor properti di Indonesia, seperti residence, ritel, perkantoran, dan logistik industrial.

Head Country Konsultan Properti Jones Lang Lassale (JLL), Todd Lauchlan, menuturkan bahwa adanya minat dari investor asing untuk masuk ke pasar properti di Indonesia tersebut dapat meningkatkan serta merangsang pergerakan bisnis properti ke arah yang lebih baik.

“Uniknya, kesemua sektor properti tidak selalu berada di Jakarta. Misalnya untuk sektor logistik industri dan perkantoran cukup berpotensi bila ada di sekitar Jakarta. Sedangkan sektor ritel, mereka lebih tertarik jika lokasinya berada di kota-kota sekunder atau penyangga Jakarta,” kata Todd.

Lebih lanjut lagi Todd menjelaskan, “Dan, untuk residensial lokasi di luar kota Jakarta sangat menarik di mata para investor asing di tahun ini.”

Berdasarkan info, supply and demand (penawaran dan permintaan) properti juga fluktuatif dari 2 kuartal terakhir (Q1 2015 – Q2 2016).

Permintaan (demand) yang fluktuatif terhitung dari Q1 2015 – Q2 2016 (sumber: Jones Lang Lassale)

Permintaan (demand) yang fluktuatif terhitung dari Q1 2015 – Q2 2016 (sumber: Jones Lang Lassale)

SEKTOR RESIDENSIAL DAN RITEL

Menanggapi hal ini, Luke Rowe selaku Head of Residensial mengatakan, “Lokasi yang paling diminati oleh para ekspart antara lain Bandung, Cikarang, Karawang, Bekasi, dan Surabaya.”

Menurutnya, budaya dari para ekspart memang menginginkan hunian yang dapat menjangkau lokasi tempat bekerja dengan mudah.

“Mengingat lokasi-lokasi tersebut saat ini juga sedang dilakukan pembangunan kawasan yang saling terintegrasi antar hunian, perkantoran, dan fasilitasi ritel,” lanjut Luke.

Bagi Luke ada beberapa perkembangan ritel paling pesat yang terjadi di luar Jakarta, seperti misalnya AEON Mall di BSD yang dianggap menjadi pemancing bagi para investor asing untuk membangun ritel yang baru di akhir tahun 2016 hingga 2017.

Luke pun menambahkan, “Sekarang tinggal bagaimana pemerintah Indonesia menyikapi hal ini, karena peran investor asing di Indonesia, khususnya untuk kepemilikan asing di Indonesia bisa mendongkrak penjualan rumah-rumah premium di Jakarta yang masih tersedia.”

SEKTOR PERKANTORAN DAN INDUSTRI LOGISTIK

Aktivitas sektor perkantoran pada triwulan kedua tahun 2016 ini didominasi oleh pergerakan relokasi konsolidasi, efisiensi, dan penutupan dari perusahaan besar di Jakarta. Sejumlah upaya efisiensi masih dialami para penyewa yang berhubungan dengan minyak dan gas bumi.

Sedangkan pada sektor IT, layanan professional, dan bisnis e-commerce melanjutkan tren positif di triwulan ini dengan sejumlah aktivitas penambahan kantor maupun relokasi ke gedung yang lebih baik.

James Taylor selaku Kepala Riset JLL mengatakan, “Jika dahulu perusahaan minyak dan gas sedang naik, ekspart banyak yang tinggal di Jakarta. Sedangkan saat ini, banyak peralihan asing menuju bisnis lain dalam bidang IT dan e-commerce. Nah, inilah yang membuat properti di Jakarta khususnya perkantoran mulai menggeliat,”

Saat ini tingkat serapan negatif pada triwulan tahun ini juga turun 2% dari awalnya 87% menjadi 85%. Hal ini dikarenakan penambahan jumlah pasokan baru yang cukup signifikan. Sehingga harga sewa ikut terkoreksi sebesar 2,8% pada kelas premium.

Apartement merupakan potensi properti untuk kelas premium paling banyak diminati oleh para ekspart yang bekerja di Indonesia dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun.

Properti Terbaru

Dijual cepat apartement Sudirman Suite 2 br

Rp. 550.000.000 Nego
Apartement Sudirman Suite, Bandung
Lt/Lb : m² / 38 m2 m²
Lihat Detail »
Sudah Terjual
Dijual Rumah di Mainroad Setraduta

Dijual Rumah di Mainroad Setraduta

Rp. 12 M
Setraduta, bandung
Lt/Lb : 500 m2 m² / 550m2 m²
Lihat Detail »
Sudah Terjual
Dijual Rumah Bandung Timur.

Dijual Rumah Bandung Timur.

Rp. 1,75M, Nego
Jl. Rancabolang. Bandung
Lt/Lb : 127 m2 m² / 200 m2 m²
Lihat Detail »

Dijual Rumah di La Margas, Nanjung, Margaasih, Bandung

Rp. 1.047.500.000 nego
Nanjung, Margaasih, Bandung
Lt/Lb : 105 m² / 96 m²
Lihat Detail »

Dijual Rumah di Mekar Wangi Bandung

rP. 4,3m
Mekar Wangi, Bandung
Lt/Lb : 336 m2 m² / 248 m2 m²
Lihat Detail »
Sudah Terjual
Dijual rumah 2 Lantai di Singgasana Pradana

Dijual rumah 2 Lantai di Singgasana Pradana

Rp. 3,5M Nego
Singgasana Pradana
Lt/Lb : 200 m2 m² / 300 m2 m²
Lihat Detail »