Cara Mudah Menata Ruang Minimalis

Tren menata ruang minimalis kini cenderung semakin diminati masyarakat. Mulai dari ruang tidur, ruang keluarga, dapur hingga kamar mandi. Konsep ini memaksimalkan setiap sudut tampil sederhana namun elegan.

 

Penataan minimalis juga sering diterapkan pada ruangan sempit agar menciptakan kesan lebih luas. Berikut 5 tips mudah menata ruang minimalis:

1. Gunakan Furnitur Multifungsi

Pilih furnitur yang bisa digunakan secara multifungsi. Satu benda biasanya bisa memiliki banyak kegunaan, seperti sofa yang juga bisa dijadikan untuk menyimpan buku atau tangga yang juga bisa dimanfaatkan sebagai rak televisi. Penggunaan furnitur multifungsi tidak hanya menghemat ruangan, namun juga dapat memberikan kesan lebih luas dan rapi.

2. Pencahayaan Seimbang

Agar ruangan terasa lebih luas, sebaiknya menghindari penggunaan lampu gantung berukuran besar. Lampu tanam yang diletakkan di berbagai sudut langit-langit ruangan bisa dijadikan alternatif agar pencahayaan tersebar merata. Mengaplikasikan warna terang sebagai aksen ruangan juga bisa membuat kesan lebih luas.

3. Manfaatkan Dinding Ruangan

Pilihlah furnitur dinding yang tidak hanya bersifat dekoratif, tetapi yang juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Komposisi furnitur dinding juga perlu diperhatikan agar tetap memberikan kesan luas dan seimbang pada ruangan.

 

4. Gunakan Warna Cerah

Untuk semakin memaksimalkan ruangan terbatas, gunakan warna cerah yang netral seperti putih, krem atau abu-abu muda sebagai warna utama dalam dekorasi interior. Warna cerah dapat memberikan kesan lapang karena memancarkan cahaya.

5. Jangan Terlalu Banyak Barang

Menggunakan terlalu banyak furnitur dan aksesori akan menimbulkan kesan ruangan menjadi lebih sempit dan berantakan. Anda dapat memadukan barang agar tidak terlalu memenuhi ruangan dan dapat digunakan secara maksimal.